Keluarga yang sehat adalah dambaan setiap orang. Kondisi tersebut tentunya hanya dapat dibangun jika masing-masing anggota keluarga dapat memahami satu sama lain serta membangun komunikasi yang lancar.

1. Utamakan diskusi
Apapun masalah yang dihadapi dalam keluarga, utamakan diskusi sebelum mengambil keputusan. Berikan pilihan beserta konsekuensinya pada setiap anggota keluarga dan dengarkan suara mereka sebelum akhirnya mengambil keputusan yang bisa diterima oleh seluruh anggota keluarga.

2. Menghargai satu sama lain
Sikap ini tentunya akan menumbuhkan rasa nyaman pada setiap anggota keluarga. Tidak ada salahnya menjadikan hari lahir setiap anggota keluarga adalah momen berharga untuk bisa berkumpul. Dengan demikian, kedekatan emosionalpun akan terbangun.

3. Rencanakan liburan bersama
Jika ada anggaran berlebih, liburan bersama adalah hal yang sangat penting untuk mengistirahatkan pikiran kita sejenak dari aktivitas sehari-hari. Selain itu dengan memanfaatkan waktu liburan, maka kita dapat saling berbagi dalam suasana yang lebih santai.

4. Beribadah
Sangat disarankan untuk melakukan kegiatan sosial dan ibadah sesuai kepercayaan dan agama anda masing masing dengan keluarga. Rutinitas ini akan membuat anda semkain bahagia dan kedekatan psikologis terjaga.

5. Rutin berolahraga.
Jangan lupakan kegiatan yang satu ini. Olahraga tak hanya penting untuk menjaga fisik tetap bugar, tapi juga otak tetap segar. menurut penelitian dengan sering berolahraga ternyata bisa meningkatkan konsentrasi, kreativitas, dan kesehatan mental. Alasannya karena aktivitas olahraga mampu meningkatkan sirkulasi oksigen dalam darah, termasuk ke otak yang bisa membantu meningkatkan konsentrasi.

6. Terapkan pola makan sehat.
Makanan memegang peran penting bagi kesehatan keluarga Anda. Jika makanan yang Anda konsumsi sudah sehat, baik dari segi gizi maupun kebersihannya, maka kesehatan keluarga Andapun akan terjamin kesehatannya.

7. Bersihkan rumah secara rutin.
Biasakan kepada seluruh anggota keluarga untuk rutin mencuci tangan dengan sabun sesering mungkin. Hal ini mencegah masuknya kuman dan virus ke dalam tubuh. Ajak seluruh anggota keluarga untuk aktif menjaga kesehatan pribadi maupun lingkungannya