Tapi tahukah Anda bahwa baking soda memiliki banyak kegunaan lain selain untuk membuat kue? Kegunaan baking soda ini pun amat bervariasi, mulai untuk kesehatan, kecantikan, hingga untuk kebersihan.

Membersihkan Mulut & Gigi
Untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi, sesekali gunakan baking soda untuk berkumur setelah sikat gigi. Campurkan satu sendok teh baking soda ke dalam satu gelas air, gunakan utuk berkumur.
Nah, jika Anda ingin gigi lebih putih tanpa biaya besar, gunakan baking soda untuk menyikat gigi sesekali, dan lihat hasilnya.

Menetralkan Iritasi Kulit
Iritasi kulit, misalnya cacar air atau gatal-gatal, baking soda bisa membantu menenangkan kulit. Caranya, tuangkan baking soda ke dalam bathtub berisi air hangat, berendam selama beberapa menit.

Facial Scrub
Kehabisan scrub untuk wajah? Don't worry! Campurkan baking soda dengan air hingga mencapai tingkat kekentalan seperti pasta gigi, oleskan pada wajah, tunggu hingga kering, lalu usap perlahan seperti scrub. Sengatan Lebah Baking soda juga bermanfaat meredam sengatan lebah. Cukup campurkan air dan baking soda, lalu kompres bagian yang disengat dengan kain yang telah dibasahi oleh campuran baking soda.

Steak & Barbeque
Sebelum membuat steak atau barbeque, pastikan daging yang akan dimasak telah dilumuri dengan baking soda dan didiamkan selama beberapa jam. bilas bersih sebelum dimasak. Dijamin daging Anda menjadi empuk!

Pembersih Dapur
Jangan kuatir juga jika Anda kehabisan pembersih untuk membersihkan alat-alat dapur, misalnya blender atau microwave. Larutkan baking soda bersama air, gunakan larutan tersebut untuk membersihkan alat dapur dengan spons atau sikat.

Menyerap Bau tak Sedap
Selain bubuk kopi, baking soda juga bisa digunakan untuk menyerap bau tak sedap dikulkas. Letakkan baking soda secukupnya di wadah kecil, biarkan di lemari es, maka bau-bau tak sedap akan segera hilang.

Memadamkan Api Kecil
Oops! Terjadi kebakaran kecil saat Anda memasak! No need to panic, taburkan baking soda di area yang terbakar, api akan langsung padam. Ini disebabkan oleh karbon dioksida yang terkandung dalam baking soda, karbon dioksida sendiri adalah fire suppressant.

Menghilangkan Bau Badan
Baking soda juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau kaki atau bau ketiak. Bilas bagian yang berbau tak sedap dengan larutan baking soda. Smelly no more!