Ambeien atau disebut juga wasir adalah gejala akibat peleberan pembuluh darah vena didaerah sekitar anus. Ambeien sendiri masih dibagi lagi menjadi 2 jenis, yaitu ambeien internal dan eksternal. Untuk wasir eksternal, letaknya berada diluar lubang anus. Sedangkan wasir internel, letaknya berada disekitar rektum dan wasir jenis ini sewaktu-waktu dapat berubah menjadi wasir eksternal jika pembengkakannya terlalu parah. Kedua-duanya, sama-sama sangat menyiksa dan menderita bagi para penderitanya.


Cara Mengobati Ambeien

Berendam dengan air hangat, selain dapat mengurangi pembengkakan juga dapat membunuh bakteri yang terdapat pada bagian anus.

Mengoleskan krim anusol didaerah anus, biasanya krim ini bisa didapatkan di apotik-apotik terdekat.

Operasi, ini merupakan solusi terakhir jika ambien atau wasir anda tak kunjung sembuh melalui berbagai macam pengobatan. Tapi, anda harus menyediakan uang yang lebih besar untuk pengobatan ini. Konsultasikan dahulu dengan dokter ahli spesialis.

Cara Mencegah Ambeien
Untuk mencegah ambeien / wasir dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti:


Mengkonsumsi makanan berserat, makanan berserat banyak terdapat pada sayur-sayuran dan buah-buahan serta juga rumput laut.

Minum air yang cukup, air yang cukup dalam tubuh anda dapat membantu pencernaan dalam mencerna.

Jangan duduk terlalu lama, apabila anda memang harus duduk untuk waktu yang lama karena sebuah tuntutan, maka anda dapat menyiasatinya dengan beristirahat 2 jam sekali selama 15 menit. Selain itu, pastikan tempat duduk kursi anda harus dalam keadaan keras.

Jangan mengejan, usahakan untuk jangan mengejan terlalu kuat saat BAB, untuk menyiasatinya usahakan untuk jangan menahan buang air besar karena dapat mebuat feses anda mengeras.